Projek Arduino LCD screen Writer
Di projek kali ini kita akan mencoba membuat LCD screen Writer yaitu menampilkan teks pada layar LCD.
Komponen yang diperlukan :
1. Arduino board
2. Breadboard
3. Kabel Jumper
4. 16×2 LCD screen (Hitachi
HD44780 compatible)
5. 50k-ohm potentiometer
Diperlukan librari LiquidCristal
Cara kerja :
Layar LCD (liquid crystal display) terbuat dari dua lembar bahan polarizing dengan larutan kristal cair di antara keduanya. Arus yang melewati solusi menciptakan gambar atau, dalam hal ini, karakter. Untuk proyek ini, Anda memerlukan layar LCD yang kompatibel dengan driver Hitachi HD44780 agar dapat bekerja dengan Arduino-ada banyak di luar sana dan Anda biasanya dapat mengidentifikasinya dengan antarmuka 16-pin.
Kami akan menggunakan perpustakaan LiquidCrystal untuk mengirim karakter ke layar LCD. Pustaka LiquidCrystal memetakan karakter dan menggunakan perintah print.lcd untuk menyalin pesan dari sketsa ke layar.
Sebelum Anda mulai, Anda perlu menyiapkan layar LCD Anda.
Menyiapkan Layar LCD
Layar LCD mungkin memerlukan sedikit perakitan. Layar Anda harus dilengkapi dengan 16 lubang (seperti yang ditunjukkan pada Gambar) dan strip pin header yang terpisah.
Ambil strip pin dan putuskan deretan 16 pin. Masukkan sisi pin yang lebih pendek ke dalam 16 lubang LCD. Anda harus menyolder ini di tempatnya: solder pin paling kanan dan paling kiri terlebih dahulu untuk menahan strip di tempatnya dan tunggu beberapa saat hingga terpasang. Kemudian solder setiap pin secara bergantian, pegang solder dan besi solder ke setiap pin. Memegang setrika pada pin terlalu lama akan merusaknya; Anda hanya perlu menyoldernya selama beberapa detik.
Cara membuat rangkaian :
1. Tempatkan layar LCD Anda di breadbord, masukkan pin header ke dalam lubang breadbord. Tempatkan juga potensiometer di breadbord, dan gunakan breadbord dan kabel jumper untuk menghubungkan layar LCD Anda, Arduino, dan potensiometer seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut dan pada Gambar. Ada tiga koneksi GND dari modul LCD, jadi gunakan rel GND breadbord untuk membuat koneksi tersebut.
2. Pin tengah dari potensiometer 50k-ohm terhubung ke pin LCD 3 (VO). Potensiometer mengontrol kontras layar. Putar hingga Anda dapat dengan jelas melihat karakter di layar. Sekarang hubungkan salah satu pin luar ke GND dan yang lainnya ke +5V.
3. Layar LCD dengan lampu latar (lihat Gambar) akan memiliki resistor bawaan, tetapi jika Anda memiliki layar LCD non-lampu latar, Anda harus memasukkan resistor 220-ohm antara LCD 15 dan +5V. (Penuaan paket layar akan mengatakan apakah itu backlit atau tidak.)
4. Setup Anda akan terlihat seperti Gambar. Periksa pekerjaan Anda terhadap diagram sirkuit pada Gambar, dan kemudian unggah kode di "Sketsa".
Sketch program arduino :
Sketsa ini termasuk dalam contoh IDE Anda. Muat dari IDE dengan membuka File Contoh LiquidCrystal dan kemudian klik Gulir. Sketsa menggunakan perpustakaan LiquidCrystal yang dibangun ke dalam Arduino IDE untuk mengirim pesan dari Arduino ke layar LCD. Anda dapat mengubah pesan dengan mengganti "Arduino Sketch" di 0. Untuk menggunakan rangkaian ini, setup dengan contoh sketsa di Arduino IDE, kami juga mengubah pin LCD di sketsa (12, 11, 5, 4, 3, 2) ke 7, 8, 9, 10, 11, 12, karena ini adalah pin yang telah kami tetapkan. Saya telah membuat ulang sketsa di sini seperti yang akan Anda lihat di IDE, tetapi dengan perubahan yang dibuat.
// Include the library code
#include <LiquidCrystal.h>
// Initialize the library with the numbers of the interface pins
u LiquidCrystal lcd(7, 8, 9, 10, 11, 12);
void setup() {
// Set up the LCD's number of columns and rows
lcd.begin(16, 2);
// Print a message to the LCD
v lcd.print("Arduino Sketch");
delay(1000);
}
void loop() {
// Scroll 13 positions (string length) to the left
// to move it offscreen left
for (int positionCounter = 0; positionCounter < 13;
positionCounter++) {
// Scroll one position left
lcd.scrollDisplayLeft();
// Wait a bit
delay(150);
}
// Scroll 29 positions (string length + display length) to the right
// to move it offscreen right
for (int positionCounter = 0; positionCounter < 29;
positionCounter++) {
// Scroll one position right
lcd.scrollDisplayRight();
// Wait a bit
delay(150);
}
// Scroll 16 positions (display length + string length) to the left
// to move it back to center
for (int positionCounter = 0; positionCounter < 16;
positionCounter++) {
// Scroll one position left
lcd.scrollDisplayLeft();
// Wait a bit
delay(150);
}
// Delay at the end of the full loop
delay(1000);
}







0 Comments